Sabtu, 09 April 2011

Tentang SMP NEGERI 2 WONOGIRI......

Brief History(sejarah singkat-red)
Usia SMP Negeri 2 Wonogiri sudah cukup tua. Sekolah ini, didirikan tahun 1958/1959 oleh Yayasan Trisno Putro. Semula hanya terdiri dari tiga kelas, itu saja menumpang di rumah Ibu Moersiboen Sanggrahan, sebelah barat dari lokasi sekarang. Baru tahun 1960 pemerintah membuatkan gedung yang berlokasi di jalan Diponegoro 98 ( lokasi yang sekarang ). Semenjak tahun pelajaran 1961/1962 Yayasan Trisno Putro menyerahkan kepada pemerintah, penegerian dengan SK Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 23-11-1961 no, 165/SK/B.III resmi menjadi SMP Negeri 2 Wonogiri. Dengan pembagian, kelas II dan III menempati gedung sendiri dan kelas I baru tiga kelas menyewa rumah penduduk. Sehubungan dengan ditutupnya SGB Negeri Wonogiri tanggal 1 Agustus 1961, maka guru-guru SGB dialihtugaskan ke SMP Negeri 2 Wonogiri. Guru-guru SGB yang ditugaskan di SMP 2 Wonogiri terbagi menjadi dua yaitu : (1) Guru-guru SGB mantan guru KPKPKB ( sekolah guru 1tahun ), (2). Guru-guru SR latihan SGB .

Perkembangan SMP 2 Wonogiri dari tahun 1961 sampai tahun 1972 dapat dikatakan statis, karena hanya dapat menambah satu ruang kelas baru, ruang kantor guru dan membeli rumah limasan di tepi barat menghadap ke timur untuk kamar mandi dan WC. Mulai tahun 1972 Bapak Soekemu pensiun dan diganti Bapak Sutarman Tjitro Atmodjo, SMP 2 Wonogiri mulai mengalami perubahan dengan mendapat tambahan tiga ruang kelas dan satu ruang perpustakaan mini. Masa-masa itu jalur lalu lintas menuju ke kota Wonogiri masih sangat terbatas, hal ini disebabkan belum berfungsinya jembatan Jurang Gempal. Satu-satunya alat penyeberangan menggunakan gethek (perahu rakit dari banbu), dengan muatan yang sangat terbatas. Kondisi inilah yang menyebabkan SMP Negeri 2 Wonogiri dikenal sebagai Sekolah Deso, karena sebagian muridnya berasal dari daerah pedesaan. Ada sementara orang yang menyebutkan sekolah Boro . karena sebagian besar orang tua siswa mencari nafkah di daerah lain. Seiring dengan dibangunya jembatan Jurang Gempal membuka jalur transportasi antar propinsi Jawa Timur – Jawa Tengah yaitu Ponorogo – Wonogiri membuka peluang SMP 2 Wonogiri untuk mendapat pelanggan dari kota. Secara perlahan juga dapat mengubah citra sekolah deso menjadi sekolah pilihan ke-2 setelah SMP Negeri 1 Wonogiri khususnya peserta didik yang berasal dari kota Kecamatan Wonogiri.


Now(sekarang-red)
Di tahun 2011 ini,,,,,ESPEROW berkembang dengan pesatnya. anak" di"knya juga jenius"(tapi ada yang engak..hehe just kid) pokokya gedungnya udah bagus, nyaman, membangun gedung baru terus. pokoknya yang mau daftar langsung aja penuhi syarat"nya n daftar. ENJOY MY SCHOOL....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar